A.
Teori Stadium Piaget
Walaupun sebagian besar orang tua mengetahui perubahan
intelektual yang menyertai pertumbuhan fisik anak, mereka mungkin mengalami
kesulitan dalam menjelaskan sifat perubahan tersebut. Cara ahli psikologi
kontemporer menjelaskan perubahan tersebut banyak dipengaruhi oleh ahli
psikologi Swiss Jean Piaget (1896-1980), yang dikenal sebagai salah seorang
pemikir yang paling berpengaruh dalam abad ini.
Sebelum Piaget, pandangan psikologi terhadap perkembangan
kognitif anak didominasi oleh:
1. Perspektif (sudut pandang)
biologi-maturasi, yang memberikan bobot hampir sepenuhnya pada komponen “alam” dari
perkembangan, dan
2. Perspektif lingkungan-belajar, yang
memberikan bobot hampir sepenuhnya pada komponen “pengasuhan”.
Sebaliknya, Piaget berfokus pada
interaksi antara kemampuan maturasi alami anak dan interaksinya dengan
lingkungan. Piaget memandang anak sebagai partisipan aktif di dalam proses
perkembangan ketimbang sebagai resipien aktif perkembangan biologis atau
stimulasi eksternal. Jelasnya, Piaget yakin bahwa anak harus dipandang seperti
seorang ilmuwan yang sedang mencari jawaban yang melakukan eksperimen terhadap
dunia untuk melihat apa yang terjadi (“Seperti apa rasanya menggigit kuping
beruang Teddy ini?” “Apa yang terjadi jika saya mendorong piring ini keluar
dari meja?”)
Hasil dari eksperimen miniature itu
menyebabkan anak menyusun “teori”, Piaget menyebutnya schemata (atau tunggal, skema),
tentang bagaimana dunia fisik dan social beroperasi. Saat menemukan benda atau
peristiwa baru, anak berupaya untuk memahaminya berdasarkan skema yang telah
dimilikinya. (Pieget menyebut hal ini proses asimilasi; upaya anak untuk mengasimilasikan
peristiwa baru ke dalam skema yang telah ada sebelumnya.) Jika skema lama tidak
adekuat untuk mengakomodasi peristiwa baru, maka anak, seperti layaknya seorang
ilmuwan yang baik, memodifikasi skema dan dengan demikian memperluas teorinya
tentang dunia. (Piaget menyebut proses revisi skema ini sebagai akomodasi.) (Piaget & Inhelder,
1969)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar